SIT Azkiya Selenggarakan Orientasi Pembina Pramuka
12 Agustus 2021 No Comments Ar Risalah Aceh Baihaqi

BIREUEN – Pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler wajib di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Azkiya Bireuen karena dapat mengembangkan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik.

Demikian disampaikan oleh Ketua Yayasan Ar Risalah Aceh, Abi Akmal pada pembukaan Orientasi Pembina Pramuka Satuan Komunitas Sekolah Islam Terpadu pada 08 Agustus 2021 di Kompleks SIT Azkiya Bireuen.

Kegiatan yang diikuti oleh 14 peserta dari SDIT Azkiya, 10 peserta dari SMPIT Azkiya, 4 peserta dari SDIT Khairul Ummah, dan 4 peserta dari SDIT Al Fatih diselenggarakan selama 3 hari di kompleks SIT Azkiya Bireuen.

Lebih lanjut Abi Akmal menyampaikan bahwa kegiatan orientasi pembina pramuka harus dilandasi dengan niat yang tulus memberikan yang terbaik untuk generasi bangsa. “Tanpa itu, apa yang kita lakukan hari ini akan sia-sia,” sebut Abi Akmal.

SIT Azkiya yang berada dibawah naungan Yayasan Ar Risalah Aceh, tambah Abi Akmal, akan terus berupaya agar kepramukaan di SIT Azkiya menjadi rule model bagi sekolah-sekolah lain di Bireuen khususnya, dan Aceh umumnya.

“Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta yang telah dipilih untuk mengikuti orientasi pembina pramuka ini secara serius agar kita kelak mampu memberikan yang baik untuk peserta didik kita baik di SD maupun di SMP,” harap Abi Akmal.

Sementara itu, Salah satu pelatih pembina pramuka, Zulhajiddin, dalam kata sambutannya mengatakan orientasi pembina pramuka yang diinisiasi oleh SIT Azkiya merupakan sesuatu yang patut diapresiasi dan perlu didukung oleh banyak pihak.

“Saya salut dengan inisitiatif SIT Azkiya untuk melakukan orientasi kepada pembina pramuka, meskipun dalam situasi yang sangat terbatas karena covid-19, namun upaya membangkitkan kembali gerakan pramuka tetap dilakukan,” sebut Zulhadjiddin.

Pada orientasi ini, sambung Zulhadjiddin, selain membekali peserta dengan beragam materi seputar kepramukaan, juga akan dibekali berbagai hal yang berkaitan dengan pramuka yang akan dilakukan di lapangan.

Sebagai informasi, pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah karena dapat membantu mengembangakan kemamampuan psikomotor, afektif, dan kognitif secara terpadu. Kegiatan kepramukaan adalah kegiatan yang mengedepankan kemampuan kognitif yang baik, dan gerakan psikomotorik yang cepat dan tangguh.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *