Demi Kesehatan, Guru Diminta Awasi Jajanan Anak di Sekolah
31 Agustus 2022 No Comments Artikel Baihaqi

BIREUEN – Orang tua wajib menjaga kesehatan anak-anaknya. Seperti mengawasi apa yang dikonsumsi anak, ketika mereka jajan di luar rumah atau di sekolah.

Dinda Yulian Ardiani, S.Gz dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional, RSAB Harapan Kita mengatakan, sebenarnya bukan hanya orangtua saja yang wajib mengawasi jajanan anak. Para guru atau pihak sekolah juga wajib mengawasi jajanan anak saat di sekolah.

Dalam pemaparannya, Dinda mengatakan, lebih baik para orangtua membawakan anak-anak bekal.

“Anak diberitahu makanan apa yang boleh dikonsumsi dan tidak. Jadi peran orangtua seharusnya lebih memilih membawakan bekal,” ujar Ahli Gizi Dian.

“Untuk peran orangtua sangat penting ya untuk mengedukasi anak-anak. Sehingga peran guru juga berperan saat di sekolah,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu, ia mengingatkan penyakit yang bisa timbul akibat jajanan tidak sehat. Dikatakan Dinda, anak bisa mengalami gangguan organ hingga kesehatan pencernaan.

“Kadang-kadang saya tanya pada pasien yang saya temui banyak yang jajan tidak diketahui oleh orang tuanya. Karena lengahnya penjagaan orangtua bisa berefek pada gangguan organ, ginjal dan lambung anak,” imbuhnya.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.