Buka Puasa Bersama Saat Bulan Ramadhan, Ini Manfaatnya
23 April 2021 No Comments Artikel Baihaqi

ARTIKEL – Buka puasa bersama saat bulan Ramadhan kerap dijadikan momen untuk bersilaturahmi. Beragam ajakan buka bersama mulai dari teman SD hingga sanak saudara lainnya. Islam sendiri juga sangat menganjurkan berbuka dan makan bersama karena memiliki banyak manfaat dan berkah.

Dikutip dari umroh.com, para sahabat pernah menyebut bahwa Rasulullah tidak pernah makan sendirian. Rasulullah juga pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan.

Manfaat Buka Puasa Bersama

Kegiatan kebersamaan ini memiliki ragam manfaat dan hikmah. Berikut beberapa manfaat dari ifthar jama’i

Memperkuat Tali Silaturahmi

Manfaat yang terlihat jelas saat buka puasa bersama saat bulan Ramadhan, baik bersama teman, sahabat, rekan kerja atau kerabat lainnya adalah mempererat tali silaturahmi. Tak heran bila ajang ini seringkali menjadi acara yang penting yang membuat koordinator pelaksana acara seringkali mewanti-wanti kehadiran kita.

Ajang Reuni

Kegiatan seperti kini juga kental dengan ajang reunian. Ajang reuni atau berjumpa dengan kawan lama tentu menjadi hal yang langka terlebih di saat masing-masing memiliki kesibukan tersendiri. Jadi demikian, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya.

Berbagi Rezeki

Manfaat dan hikmah lain yang bisa didapatkan dari menjalankan buka puasa bersama akan menjadi sarana untuk bisa berbagi rezeki. Hal ini dikarenakan pada umumnya acara buka bersama seringkali banyak para undangan. Sehingga untuk menikmati makan bersama haruslah saling berbagi rezeki.

Meningkatkan Kerjasama

Kegiatan buka bersama saat bulan Ramadhan tentu memiliki waktu luang sebelum menyantap santapan berbuka. Waktu luang inilah dimanfaatkan untuk saling bekerjasama menyiapkan berbagai hal untuk terlaksana kegiatan kebersamaan secara sempurna. Inilah yang disebut meningkatkan kerjasama.

Demikianlah beberapa manfaat yang didapat dari kegiatan berbuka dan makan bersama saat Ramadhan.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.