Belajar tentang Hewan, Siswa TKIT Azkiya Kunjungi Peternakan Kambing di Cot Iju Bireuen
8 Januari 2022 No Comments TKIT Azkiya Bireuen Baihaqi

BIREUEN – Puluhan siswa TKIT Azkiya mengunjungi Peternakan Cinta Alam di Cot Iju, Peusangan Bireuen, Jumat (07/01/2022). Kunjungan edukatif ini dalam rangka mempelajari tentang peternakan hewan yang berkaki empat.

Kepala Sekolah TKIT Azkiya, Putri Mardasari disela-sela pendampingan edukatif ini mengatakan kunjungan puluhan siswa TKIT Azkiya ke peternakan kambing di Gampong Cot Ijue Peusangan, Bireuen untuk mengenal tentang peternakan hewan.

Baca Juga : SIT Azkiya Galang Donasi dari Siswa untuk Bantu Ringankan Korban Erupsi Semeru

“Di sekolah kebetulan kita sedang memperkenalkan hewan-hewan kepada siswa, untuk mengenal lebih dekat kita ajak abang-abang dan kakak-kakak TKIT Azkiya dan juga PAUD untuk mengunjungi peternakan kambing di Cot Iju,” jelasnya.

Lebih lanjut, Putri menjelaskan, kunjungan edukatif seperti ini merupakan program unggulan yang digagas pihaknya agar siswa-siswa TKIT Azkiya selain mempelajari teori juga melihat secara langsung prosesnya di lapangan agar lebih dipahami.

“Setiba dilokasi, siswa-siswa ini belajar memberi pakan, melihat proses pemerasan susu kambing dan tentunya semua kegiatan edukatif ini didesain belajar sambil bermain agar lebih mengena dan dipahami oleh siswa-siswa,” pungkas Putri.

Sementara itu, Syukri, Pemilik Peternakan Kambing Cinta Alam mengucapkan terimakasih kepada TKIT Azkiya karena menjadikan peternakannya sebagai lokasi kunjungan edukatif untuk mengenal tentang hewan, khususnya kambing.

“Terimakasih saya ucapkan kepada rombongan TKIT Azkiya karena telah mempercayakan kami untuk berbagi dan bermain dengan siswa-siswa TKIT Azkiya untuk mengenal tentang kambing dan bagaimana proses pengambilan susu kambing,” ucapnya.

Kunjungan Edukatif Siswa TKIT Azkiya_2

Proses pembelajaran dalam kunjungan edukatif ini dibagi dalam 4 rombel karena jumlah siswa yang hadir sangat ramai. Selain itu, pembagian ini juga akan memungkinkan setiap siswa akan dapat melihat dan terlibat dalam setiap prosesnya.

Baca Juga : Peringati Maulid di Sekolah, SMPIT Azkiya Isi dengan Santunan Yatim dan Dzikir Barzanji

“Karena jumlah siswa yang hadir sangat ramai, jadi kita bagi 4 rombel ya kakak-kakak dan abang-abang??“ tanya Syukri yang disambut serentak “setuju” oleh semua siswa.

Dalam prosesnya, Syukri menunjukkan cara memberikan pakan kambing kepada setiap siswa. Disamping itu, pengusaha muda ini juga menunjukkan cara mengambil susu kambing dari tahap awal sampai susu tersebut bisa diminum.

Selain belajar tentang hewan, kegiatan edukatif ini juga diisikan dengan makan bersama di halaman rumah pemilik peternakan kambing cinta alam. Setiap guru-guru mendampingi masing-masing siswa kelasnya.[]

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *